Monday, June 18, 2018

5 Bencana Alam Terdahsyat di Indonesia yang Menelan Ribuan Korban Jiwa


Segala sesuatu yang terjadi di dunia merupakan semata mata kehendaknya. Hanya dia yang punya kuasa untuk menentukan segalanya. Manusia hanya bisa berdoa dan berusaha, hasilnya pasrahkan kepada Tuhan. Hanya saja kita butuh untuk percaya bahwa apapun yang ditakdirkan untuk kita merupakan ketetapan yang terbaik untuk kita agar hati kita tenang. Dan memang sebenarnya hanya itu yang bisa kita lakukan. Apapun yang ktia inginkan, sekuat apapun kita perjuangkan keinginan kita, tapi kalau itu tidak baik menrutu Tuhan maka tidak akan terwujud. Tapi kalau kita tidak berusaha juga hasilnya menjadi tidak baik. Artinya bahwa kita harus berusaha merubah nasib kita, hasilnya pasrahkan kepada Tuhan.

Kita pernah mengalami berbagai bencana alam yang begitu dahsyat yang menyebabkan banyak korban jiwa, tidak hanya ratusan tapi bahkan ribuan. Dan semuanya rusak porak poranda. Tempat tinggal, kebun, sawah dan semua yang dipunyai musnah. Hal itu akan membuat kita berpikir dan menyadari bahwa hidup ini hanyalah titipan dan hanya sementara saja. Bahkan kita bisa belajar mengambil hikmahnya dari bencana yang terjadi. Apa yang harus kita perbuat untuk memperbaiki hidup kita.

Nah bencana besar apa saja yang pernah terjadi di Indonesia? Mungkin diantara kalian ada yang belum tahu. Simak penjelasannya dibawah ini yaa.

1. Meletusnya Gunung Tambora, Kabupaten Dompu, NTB.


Menurut keterangan para saksi dan analisis, para ahli mengatakan bahwa letusan gunung Tambora tahun 1815 merupakan letusan yang terbesar dalam catatan sejarah modern. Material vulkanis yang dikeluarkan mencapai 100 km kubik atau 100 miliar meter kubik. Sedangkan gunung merapi hanya 150 juta meter kubik. Material vulkanis dari gunung Tambora menyebabkan gagal panen di pulai Tambora dan pulai bali. Akibatnya sektiar 100rb jiwa meninggal di sekitar pulau Sumbawa dan 200rb jiwa secara global. Tidak hanya di Indonesia dampak dari letusan juga dirasakan oleh orang luar negeri. Gagal panen di China, Eropa dan Irlandia. Dan hujan tidak berhenti selama 8 minggu memacu epidemi tifus yang menewaskan 65rb orang di Inggris dan Eropa.

2. Meletusnya Gunung Krakatau


Letusan Krakatau terjadi pada tahun 1883, tanggal 26 agustus dan letusan yang hebat tanggal 27 agustus. Dua per tiga bagian gunung runtuh yang menyebabkan lenyapnya sebagian pulau di sekelilingnya. Aktivitas seismik tetap berlangsung sampai februari 1884, letusan ini merupakan letusan gunung berapi paling mematikan dan paling merusak sepanjang sejarah menimbulkan setidaknya 36rb an korban jiwa karena letusan dan tsunami yang dihasilkan. Dampak dari letusan ini tidak hanya Indonesia saja yang mengalami tapi seluruh penjuru dunia merasakannya juga.

3. Gempa Yogyakarta


Gempa Bumi Tektonic Yogyakarta mei 2006 merupakan gempa bumi yang terkuat yang mengguncang DIY sekitar pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Posisi gempa berada pada sekitar 25 km selatan barat daya Yogyakarta. Menewaskan 5.700 jiwa. Puluhan ribu orang luka dan menghancurkan ratusan ribu rumah dan banyak situs sejarah.

4. Meletusnya Gunung Kelud Kediri, Jawa Timur


Meletus tahun 1919. Gunung kelud merupakan gunung api tipe A di Jawa timur yang sangat aktif dengan rentang waktu letusan cukup pendek yaitu 9 - 25 tahun. Dan letusan pada tahun ini menelan korban sampai 5. 160 jiwa, serta aliran lahar mencapai 38 km, juga abu muntahan hingga mencapai ujung pulau jawa dibagian barat dan bali dibagian timur.

5. Tsunami Ende, Flores NTT


Terjadi pada 12 Desember 1992 yang diawali dengan gempa berkekuatan 7,8 SR. sehingga memicu tsunami selang dua menit setelah gempa, dan mencapai setiap bagian dari pantai utara dalam waktu 5 menit. Korban jiwa yang terjadi sekitar 2000 jiwa dan menghancurkan 18.000 rumah.

No comments:

Post a Comment

Trik Menang Main Domino QQ

Dalam bermain permainan diharapkan semua pemain pastilah sebuah kemenangan. Berbicara mengenai kemenangan dalam permainan domino qq, hal ini...